Sabtu, 19 Februari 2011

Macam-macam Kabel Jaringan

Macam-macam Kabel Jaringan

Terdiri dari kabel twisted pair,coaxial,fiber optic..
1.Kabel twisted pair terbagi menjadi dua yaitu :

a.STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel ini berisi 2 pair kabel (4 kabel) yang masing-masing pair displin (twisted).masing-masing kabel berupa kabel dengan inti kawat tembaga tunggal yang berisolator.keempat kabel tersebut dibungkus dengan anyaman grounding (shilded).sebagai pelindung luar adalah lapisan isolator yang merupakan kulit kabel.kable ini mampu mentransmisikan data hingga 16Mbps denga jarak maksimal 100 meter.

b.UTP(Unshield Twisted Pair)
Kabel yang biasa untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi 4 pasang kabel yang setiap pasanganaya adalah kembar denga ujung konektor RJ-45.
Tipe-tipe kabel UTP :
-untuk koneksi suara / sambungan telepon
-untuk protocol location
-untuk protocol ethernet
-untuk protocol token ring
-untuk kabel protocol fast ethernet

2.Coaxial(Kabel Coaxcial)
Kabel tambaga yang diselimuti oleh beberapa pelindung dimana pelindung-pelindung tersebut memiliki fungsi sebagai berikut :
-konduktor,merupakan kabel tunggal atau kabel serabut yang merupakan inti dan kabel coaxial.kabel ini merupakan kabel yang digunakan untuk transmisi data atau sebagai kabel data.
-isolator dalam,merupakan isolator antara konduktor dengan grounding yang juga berfungsi sebagao kabel pelindung kabel inti .
-isolator luar,bagian berupa lapisan isolator yang juga merupakan kulit kabel.

3.Fiber Optic
Merupak salah satu jenis media transfer data dalam jaringan komputer.sekilas bentuknya sebuah kabel,namun berbeda dengan kabel lainya karna media ini mentransfer data dalam bentuk cahaya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar